OPEN HOUSE IDS : HOW TO DESIGN AN INTERNATIONAL EVENT GRAPHIC BERSAMA KRISTIN MONICA & JEFFERSON EDRI dari FEAT STUDIO | IDS

Search

+

OPEN HOUSE IDS : HOW TO DESIGN AN INTERNATIONAL EVENT GRAPHIC BERSAMA KRISTIN MONICA & JEFFERSON EDRI dari FEAT STUDIO

Tidak lama lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah pagelaran ajang olahraga Asian Games 2018. Ajang empat tahunan  ini pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat global, tak terkecuali Indonesia.  Nah, sebelum pelaksanaan acara tahun depan ternyata logo Asian Games 2018 sudah resmi diluncurkan loh dan pembuatnya sendiri adalah orang Indonesia.

Pada open house Sabtu (6/5) kemarin, IDS | International Design School mendatangkan pembuat logo Asian Games 2018 loh. Seminar yang bertema “HOW TO DESIGN AN INTERNATIONAL EVENT GRAPHIC” menghadirkan Kristin Monica dan Jefferson Edri dari Feat Studio.

Seminar diawali dengan Info Session mengenai IDS | International Design School dan program apa saja yang dipelajari selama kuliah di IDS. Kemudian langsung dilanjutkan oleh Kristin dan Jefferson, keduanya dengan gamblang menjelaskan bagaimana riset, konsep, dan penerapan prinsip desain yang dapat menghasilkan desain sekelas internasional ini.

Kristin dan Jefferson mengungkap bagaimana proses desain untuk ASIAN GAMES Jakarta – Palembang 2018. Audiens pun diperlihatkan beberapa hasil desain, mulai dari logo hingga maskot Asian Games 2018. Kristin mengatakan dalam pembuatan desain tersebut timnya memiliki concern kepada tiga aspek dasar yakni, Asia, Indonesia, dan olahraga.

“Disini kami mengambil sketsa grafis atas Stadion Utama dengan simbol Asian Games berupa matahari di bagian tengahnya. Stadion yang memiliki delapan pintu keluar itu kami gambarkan sebagai jalur menuju ke seluruh Asia dan dunia melalui pentas Asian Games 2018. Kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK) masih menyimpan cita-cita dan mimpi Bapak Bangsa, Soekarno yang ketika itu masih relevan dengan semangat Indonesia saat ini,” tambah Jefferson.

Dalam seminar kali ini Kristin dan Jefferson pun juga menjabarkan desain maskot Asian Games 2018 yang merupakan turunan dari logo yang telah timnya buat. Ada tiga satwa khas Indonesia yang digunakan sebagai maskot, yaitu Bhin-bhin yang terinsipirasi dari burung Cenderawasih (Paradisea Apoda) sebagai presentasi keindahan, kemudian Atung yang terinsipirasi dari Rusa Bawean sebagai presentasi dari kecepatan, dan Ika dari Badak bercula satu yang merepresentasikan kekuatan. Pemilihan ketiganya pun sekaligus sebagai implementasi dari slogan Bhineka Tunggal Ika.

Peserta seminar yang hadir pun begitu antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Kristin dan Jefferson hingga akhir sesi. Tak hanya membuat logo Asian Games 2018, Kristin dan Jefferson dari Feat Studio juga merancang berbagai desain untuk item penunjang, seperti signage, tiket, id card, hingga billboard dan spanduk.

Itu tadi ulasan event Open House IDS : Seminar & Info Session Day “HOW TO DESIGN AN INTERNATIONAL EVENT GRAPHIC” bersama Kristin Monica dan Jefferson Edri dari Feat Studio di IDS | International Design School. Terus update info event IDS melalui Twitter @idsEducationcom, Facebook Fan Page IDS Education, Instagram @idseducationcom dan jangan lupa follow Google+ IDS Education serta klik tombol +1 nya. Sampai jumpa di event IDS selanjutnya!

Writer: Fitri Permata

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.

Pertanyaan

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Please leave this field empty.