Anak Indonesia Kembali Mengharumkan Nama Bangsa Lewat Star Wars The Clone Wars Media Release Departemen Digital Animation | IDS

Search

+

Anak Indonesia Kembali Mengharumkan Nama Bangsa Lewat Star Wars The Clone Wars Media Release Departemen Digital Animation

Jika Anda penggemar film sci-fi, maka Star Wars pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Sejak awal perilisan Star Wars, film ini tercatat telah meraup total pendapatan keseluruhan sebesar $4.49 Miliar, melahirkan banyak produksi film, buku, video game, serial televisi dan produk lainnya. Tidak heran jika Star Wars dinobatkan sebagai film seri tersukses ketiga sepanjang sejarah dan telah menjadi fenomena budaya. Namun, tahukah Anda Serial Televisi Star Wars: The Clone Wars?

 Star Wars: The Clone Wars, adalah serial televisi 3D CGI animasi Amerika yang diproduksi oleh Lucasfilm Animation. Seri ini memulai debutnya di Cartoon Network Amerika Serikat, pada 3 Oktober 2008. Hal yang patut kita banggakan dari serial ini adalah keterlibatan Catharina “Ellen” Dian, yang berperan sebagai Associate Production Manager di Lucasfilm Animation yang membuat Star Wars: The Clone Wars.

 “Setelah lulus, saya mengawali karir saya sebagai 3D modeler di Matahari Studio dan telah terlibat dalam industri animasi dan game sejak tahun 2001”, ucap Ellen lulusan College 3D Animation International Design School, tahun 2001 yang dulu masih bernama Digital Studio College. Ellen menambahkan “Setelah dari Matahari Studios dan Infinite Frameworks, lalu saya pindah ke Singapore bekerja di Omens Studio sebelum bergabung dengan Lucasfilm Animation sebagai assosiate production manager dan terlibat dalam produksi Star Wars: The Clone Wars season 4, 5 dan 6, saya bersama team production menggawangi scheduling, proses review, dan mengirimkan hasil akhir ke team yang ada di Amerika Serikat untuk proses final editing”.

 Mengenai pengalaman serta perasaan Ellen dalam keterlibatannya di Star Wars: The Clone Wars, Ellen merasa bangga. “Pencapaian bergabung dengan Lucas Film di team produksi adalah pembuktian kepada diri saya sendiri bahwa saya bisa, walau dulu banyak yang mengatakan orang Indonesia pasti susah masuk ke dalam jajaran management ditambah dengan tidak adanya background pendidikan tinggi formal S1”. “Karir saya dimulai setelah lulus Digital Studio College, saya bergabung dengan Matahari Studios dan membangun karir saya disana, sebelum pindah ke perusahaan lain dan akhirnya bergabung dengan Lucasfilm Animation”, ucap Ellen. Ellen menambahkan di Lucas Studio secara keseluruhan ada sekitar tujuh warga negara Indonesia lain yang berperan sebagai tim IT, software, modeller dan juga animator.

Setelah produksi Star Wars: The Clone Wars, Ellen kini lebih fokus pada pengembangkan perusahaan pribadinya yang bergerak di bidang transmedia, “perusahaan ini masih bergerak di bidang kreatif, penggabungan semua media untuk menyampaikan sebuah cerita agar lebih menarik dan interaktif”, ucap Ellen.

Pesan Ellen terutama kepada teman-teman yang ingin menekuni industri kreatif adalah jangan pernah berhenti untuk berlatih dan terus mengembangkan diri. “Portfolio adalah senjata utama untuk sukses di dunia kreatif” tutup Ellen di sela-sela sesi tanya jawab Seminar Movie Production From A Galaxy Far Far Away, Selasa 16 April 2013 lalu di Kampus International Design School, Jakarta Selatan.

Posted in: News

Comments (2 Responses )

Trackbacks/Pingbacks

  1. My Homepage - August 26, 2014

    … [Trackback]

    […] Read More: dev.idseducation.com/2013/04/18/anak-indonesia-kembali-mengharumkan-nama-bangsa-lewat-star-wars-the-clone-wars-media-release-departemen-digital-animation/ […]

  2. SEJARAH SINGKAT FILM ANIMASI DI INDONESIA | radityoyuditama - January 21, 2014

    […] Deddy Wijaya, salah satu animator kartun terkenal ‘Garfield’. Bisa jadi kamu akan bekerja di proyek animasi Star Wars seperti alumni […]

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Program yang Diminati*

Please leave this field empty.