Teknik Fotografi Produk untuk Online Shop | IDS

Search

+

Teknik Fotografi Produk untuk Online Shop

Strategi pemasaran online shop bukanlah hanya sekedar bagaimana anda bisa memanfaatkan sosial media atau berbagai sarana lainnya, tetapi teknik fotografi produk juga termasuk hal yang tak kalah penting. Cara memotret produk akan menentukan ketertarikan calon–calon pembeli pada online shop yang nantinya akan ikut menentukan keputusan mereka untuk berbelanja. Saat ini masih banyak sekali yang tidak menyadari pentingnya fotografi produk online shop, maka dari itu mari kita simak beberapa tipsnya berikut ini:

1. Kamera yang digunakan

tips foto produk

Anda tidak memiliki kamera DSLR ataupun kamera berspesifikasi canggih lainnya? Tidak perlu khawatir. Kamera dari smartphone juga dapat digunakan, dengan minimal 8 atau 13 megapixel sebetulnya resolusi gambar sudah cukup jelas. Sangat penting untuk memiliki foto produk online shop dengan gambar yang beresolusi cukup tinggi, agar hasilnya juga lebih jelas.

2. Gunakan model untuk produk fashion

Jika anda memiliki online shop yang menjual produk – produk kategori fashion, seperti baju, celana, tas, ataupun sepatu, gunakanlah model untuk foto produk anda. Calon pembeli akan lebih menyukai dan tertarik pada foto saat produk fashion tersebut digunakan oleh si model, untuk melihat kecocokannya jika mereka menggunakannya. Pilihlah juga model yang menarik dan serasi dengan produk yang digunakan.

3. Gunakan warna polos dan netral sebagai latar belakang foto

studio foto produk

Warna yang biasanya digunakan sebagai latar belakang/background foto produk adalah warna putih. Pilihlah warna yang cerah dan 1 warna saja, agar perhatian orang akan terfokus pada produk anda. Latar belakang yang terlalu ramai juga akan mengaburkan fokus dari produk itu sendiri, atau bahkan terlihat kontras dan tidak selaras.

4. Ambil foto dari beberapa sisi

Jika anda sedang melihat – lihat sebuah produk, anda akan lebih menyukai 1 foto saja atau foto produk yang sama tapi diambil dari banyak sisi/angle yang berbeda? Mengambil foto dari banyak sisi akan lebih meyakinkan pembeli produk tersebut, karena tidak ada sisi yang terlihat disembunyikan atau kurang jelas. Anda bisa mengambil foto dari sisi depan, belakang, kiri, kanan, atas, ataupun bawah. Pastikan juga detail produk terlihat dengan jelas.

5. Tambahkan watermark pada foto

Watermark dapat berupa logo atau tulisan yang merujuk pada online shop anda. Penggunaan watermark pada setiap foto produk anda berguna agar foto yang sudah anda buat tidak dapat seenaknya diambil orang untuk digunakan kembali dengan tidak bertanggung jawab. Selain berupa logo online shop, watermark juga bisa berupa nama atau spesifikasi dari produk tersebut. Jadi pembeli bisa dengan mudah menemukannya tanpa harus membaca caption atau deskripsi produknya lagi.

6. Edit foto seperlunya saja

Mengedit foto cukup disarankan, apabila anda ingin menyesuaikan tingkat brightness atau contrast dari sebuah foto. Tetapi apabila anda melakukan pengeditan secara berlebihan, hal itu malah nantinya akan membuat produk anda terlihat berbeda dari aslinya, dan akan mengecewakan pembeli yang berdampak buruk pada reputasi online shop anda sendiri.

Gunakan teknik foto yang baik untuk meningkatkan penjualan online shop anda, selamat mencoba!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

Pertanyaan

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Please leave this field empty.