SEO Onpage VS SEO Offpage | IDS

Search

+

SEO Onpage VS SEO Offpage

Search Engine Optimization sudah menjadi istilah yang selalu digunakan orang ketika ingin meningkatkan peringkat pencarianmu di mesin pencari semacam Google. Namun pendalaman mengenai cara penggunaan SEO sudah berkembang sejak 2014, saat ini SEO sudah dibedakan menjadi dua, yaitu SEO On page dan SEO Off page. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian, namun memiliki cara eksekusi yang berbeda.

Apa itu SEO On Page

Seperti namanya, SEO On Page adalah segala hal yang dapat meningkatkan traffic menuju website kamu. Fokusnya adalah pada website itu sendiri dan bagaimana mesin pencari dapat menemukannya dan mengetahui tentang apa yang website kamu lakukan. Berikut merupakan contoh SEO On page:

1. Tag Judul

Taruhlah kata kunci dalam setiap halaman di website mu. Tag judul akan digunakan oleh mesin pencarian Google untuk menampilkan hasil pencarian. Bila memiliki banyak Tag Judul dibawah 55 karakter, maka setidaknya 95% dari judul artikel akan di tampilkan dengan benar di halaman hasil pencarian

2. Struktur URL

Buatlah URL yang mengandung kata kunci, namun jangan mengubah seluruhnya hanya untuk mengandung kata kunci saja.

3. Text from image

Setiap gambar memiliki text untuk memperkuart hasil pencarian. Jadi pastikan sebelum posting gambar, berikan nama pada gambar sesuai dengan konteksnya dan mengandung kata kuncinya juga.

4. Page content

Google memiliki banyak cara untuk mengetahui apakah konten yang kamu sediakan memberikan manfaat ke pengguna. So, buatlah konten yang mudah dibaca dan memberikan nilai bagi pengguna, supaya lebih mudah ditemukan oleh Google

5. Internal linking

Buatlah linking dengan halaman lain didalam website kamu. Hal ini cukup efektif bagi pengunjung dan mesin pencarian.

Apa itu SEO Off Page

SEO Off page berfokus pada bagaimana membuat website dikenal melalui website lain atau platform lainnnya, diluar website kamu. SEO Off page ini membangun reputasi dan kunjungan ke website kamu dengan linking. Berikut merupakan komponen membangun SEO Off page:

1. Social media

Bagikan konten-konten atau service yang kamu berikan melalui berbagai social media. Pastikan di setiap perangkat social media-mu seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau yang lainnya, terhubung dengan halaman tertentu dari website.

2. Backlink

Backlink akan memberi pengaruh ke Page Rank dan meningkatkan kata kunci yang dibutuhkan. Banyak cara membangun backlink seperti Pyramid, Dummy Blog, dan lainnya.

3. Tools SEO Google

Cara lainnya adlaah dengan memanfaatkan perangkat alat yang diberikan Google seperti Webmaster, Analytics, Trends, AdWords Keywords Planner, Consumer Surveysm dan lainnya.

Setelah mengetahui keduanya, pastikan kamu memperhatikan dan mempergunakan setiap alat yang ada. Baik SEO On page dan SEO Off page sama-sama memiliki fungsi dan ketentuan yang dapat meningkatkan peringkat halaman kamu di mesin pencarian.

Jadi, cara mana yang menjadi favoritmu?

Source : 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Program yang Diminati*

Please leave this field empty.