Luasnya Pilihan Karir Desainer Grafis (Bagian 2 - habis) - Sekolah Desain

Search

+

Luasnya Pilihan Karir Desainer Grafis (Bagian 2 – habis)

Kamu sedang bingung pilih-pilih jurusan? Jurusan design grafis bisa menjadi pilihan yang bagus lho. Jangan takut karena mendengar isu-isu bahwa lulusan desain grafis itu peluang kerjanya terbatas, karena isu itu terbukti salah.

Enggak percaya? Berikut ini beberapa lapangan kerja alternatif yang bisa jadi pilihan kamu dalam menentukan langkah awal berkarir di industri kreatif. Ini bagian kedua dari dua tulisan. Baca dulu bagian pertamanya.

  • Perusahaan Film & Stasiun TV
    Kalau kamu tertarik pada bidang film & pertelevisian, kamu juga bisa bekerja di perusahaan ini. Stasiun tv dan film membutuhkan desainer grafis untuk merancang konsep visual, story board, title & credits, special effect, trailer, juga property, stage design (background dan panggung), sampai materi promosinya: poster film, iklan, spanduk dan lainnya. Desainer grafis tentu tidak bekerja sendirian; ia bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, kontraktor dan berbagai pihak lain.
  • Game Development Company
    Kamu senang main game, ingin mencoba membuatnya tapi jurusan kamu bukan animasi? Kamu masih bisa menjadi bagian dari pembuatnya sebagai desainer grafis pada perusahaan pembuat game. Banyak aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang game, mulai dari pembuatan gamenya seperti merancang konsep, peraturan dan sistem game, karakter, setting lingkungan, hingga  materi promosinya  poster film, iklan, spanduk dan lainnya.
  • Di lembaga pendidikan
    Untuk kamu yang lebih tertarik pada bidang pendidikan, desainer grafis juga dapat meniti karier di lembaga-lembaga pendidikan, baik sebagai pengajar tetap maupun paruh waktu. Terutama di jurusan yang biasanya berkaitan dengan desain grafis, contohnya Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, dan Teknologi Informatika.
  • Di perusahaan manapun
    Faktanya, desainer grafis dapat bekerja di perusahaan manapun yang memerlukan jasanya, misalnya di Bank. biasanya membutuhkan desainer untuk merancang formulir-formulir, desain kartu ATM dan kartu kredit, surat-surat tagihan dan amplopnya, brosur, iklan, poster untuk produk, dan lain-lain.
  • Freelance
    Ini alternatif pekerjaan yang paling enak dari segi waktu. Untuk yang tidak suka berdiam lama-lama di suatu tempat yang itu-itu saja, kamu bisa bekerja sebagai freelancer. Banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan proyek desain untuk para freelancer, sebab perusahaan tersebut tidak perlu meng-hire orang tetap untuk suatu proyek musiman. Keuntungannya lagi, kamu bisa mengambil lebih dari 1 proyek sekaligus tanpa terikat dengan agency mana pun.
  • Perusahaan Sendiri
    Nggak mau jadi karyawan? Buatlah perusahaanmu sendiri! Hal ini bukan hal yang mustahil, dibuktikan dengan suksesnya Early Branding & Communication yang didirikan oleh Meiliana Sari Hermanto selepas lulus kuliah. Selain bisa jadi bos di perusahaan sendiri, kamu juga bisa membantu desainer grafis lain untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

 

Bagaimana? Sudah percaya kalau desainer grafis itu lapangan pekerjaannya luas? Oleh karena itu, kamu enggak perlu ragu lagi untuk memilih jurusan ini sebagai langkah awal dalam karir kamu. Jangan lupa untuk memilih sekolah yang tepat untuk menimba ilmu desainmu, salah satunya International Design School yang menawarkan jurusan Digital Design yang hanya perlu ditempuh dalam waktu 18 bulan! Singkat, padat tapi tetap berkualitas. Info lebih lengkap, yuk baca informasi tentang program Digital Design ini.

Posted in: Articles

Pertanyaan

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Please leave this field empty.