Luasnya Pilihan Karir Desainer Grafis (Bagian 1) - Sekolah Desain

Search

+

Luasnya Pilihan Karir Desainer Grafis (Bagian 1)

Kamu sedang bingung pilih-pilih jurusan? Jurusan design grafis bisa menjadi pilihan yang bagus lho. Jangan takut karena mendengar isu-isu bahwa lulusan desain grafis itu peluang kerjanya terbatas, karena isu itu terbukti salah.

Enggak percaya? Berikut ini beberapa lapangan kerja alternatif yang bisa jadi pilihan kamu dalam menentukan langkah awal berkarir di industri kreatif.

  • Perusahaan Periklanan / Advertising Agency
    Sering lihat iklan-iklan di TV dan media cetak? Nah, desainer grafis adalah salah satu dari tim pembuat iklan-iklan tersebut bekerjasama dengan creative director, art director, copywriter, fotografer dan illustrator. Di sini, desainer grafis melakukan hal-hal seperti merancang strategi komunikasi sebuah merek, fotografi, tipografi, ilustrasi, serta me-layout iklan di  berbagai media seperti majalah, surat kabar, billboard, website, TV.
  • Branding Agency / Branding Consultant
    Baik perusahaan, barang, event maupun produk pasti memiliki logonya sendiri. Mendesain logo profesional tidak bisa sembarangan lho, harus oleh orang yang memiliki kemampuan khusus  di bidang ini; siapa lagi kalau bukan desainer grafis. Seorang desainer grafis dalam branding melakukan hal-hal seperti merancang strategi identitas dan komunikasi serta visual brand, merancang logo dan identitas lainnya, membuat buku pedoman identitas, menerapkan logo dan identitas visual lainnya ke dalam berbagai media mulai dari kartu nama, kop surat, website, sampai ke desain produk dan kemasan (packaging), seragam karyawan, interior, arsitektur, bahkan kendaraan.
  • Graphic Design Agency / Graphic House
    Sebenarnya aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis di Graphic Design Agency hampir sama dengan branding agency, bedanya ruang lingkup Graphic Design Agency tidak seluas branding agency. Masing-masing agency memiliki fokus keahlian, misalnya di bidang desain kemasan / packaging, desain komunikasi perusahaan, desain publikasi, desain promosi, desain multimedia, desain web dan lainnya.
  • Perusahaan Penerbitan / Publication Company
    Cover-cover buku, majalah, tabloid dan lainnya yang sering kamu lihat di toko buku adalah hasil kerja dari seorang desainer grafis. Bekerjasama dengan penulis, copywriter, fotografer dan illustrator, desainer grafis merancang strategi komunikasi maupun visual berbagai media, me-layout cover dan isi, fotografi, tipografi, ilustrasi, infographic. Selain itu, tak menutup kemungkinan ia juga merancang materi promosi media tersebut seperti brosur, poster, iklan, banner, dan lain-lain.
  • Percetakan & Digital Printing
    Di percetakan & digital printing, seorang desainer grafis bukan hanya melakukan aktivitas seperti mempersiapkan desain mentah dari klien menjadi siap cetak, sebab saat ini, antara jenis instansi dan area pekerjaannya semakin tidak jelas batasannya. Misalnya banyak percetakan yang menerima pekerjaan mendesain iklan atau sebaliknya, banyak advertising agency yang juga menerima pekerjaan logo.
  • Web / Software Development Company
    Seorang desainer grafis dibutuhkan di perusahaan ini untuk merancang konsep, struktur, navigasi, dan penampilan situs web, blog, software, information kiosk, mesin ATM, dan lainnya. Contohnya desain halaman web, banner, button, animasi flash, dan lain-lain. Dalam bidang ini biasanya desainer grafis bekerjasama dengan copywriter dan programmer.

 

(bersambung di bagian kedua)

Bagaimana? Sudah percaya kalau desainer grafis itu lapangan pekerjaannya luas? Oleh karena itu, kamu enggak perlu ragu lagi untuk memilih jurusan ini sebagai langkah awal dalam karir kamu. Jangan lupa untuk memilih sekolah yang tepat untuk menimba ilmu desainmu, salah satunya International Design School yang menawarkan jurusan Digital Design yang hanya perlu ditempuh dalam waktu 18 bulan! Singkat, padat tapi tetap berkualitas. Info lebih lengkap, yuk baca informasi tentang program Digital Design ini.

Posted in: Articles

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Program yang Diminati*