Apa Itu VR Game? Baca Penjelasan Lengkapnya Disini | IDS

Search

+

Apa itu VR Game?

Sebagian besar dari kamu pasti sudah pernah mendengar kata Virtual Reality (VR). Namun, untuk kamu yang belum tahu atau familiar dengan kata itu, VR merupakan sebuah teknologi yang membuat penggunanya dapat berinteraksi terhadap suatu objek grafis dengan visualisasi 3D atau gambar berhologram yang disimulasikan oleh komputer. Dalam Bahasa Indonesia Virtual Reality dikenal dengan istilah realitas maya.

Apa Itu VR Game?

Teknologi VR ini telah banyak dimanfaatkan di beberapa sektor industri seperti penerbangan, pendidikan, militer, kedokteran, hiburan, dan masih banyak lagi. Saat ini teknologi VR banyak diminati oleh para gamer yang ingin merasakan sensasi bermain game yang “nyata”. Banyak perusahaan-perusahaan teknologi yang sedang gencar dalam mengembangkan teknologi VR ini, contohnya Oculus VR dengan perangkat VR yang dikhususkan bagi para gamer yang bernama Oculus Rift.

Untuk menambah kesan “nyata” saat bermain game, ada beberapa perangkat yang membuat kamu semakin merasakan sensasi “nyata” terhadap apa yang ada di layar, diantaranya adalah kacamata VR yang berfungsi untuk memvisualisasikan gambar agar bisa terlihat nyata, headset yang berfungsi untuk mendengar efek-efek suara secara lebih jelas, juga walker dan sarung tangan (glove) yang memberikan reaksi kepada sistem tentang gerakan-gerakan yang dilakukan oleh kamu sehingga kamu seolah merasakan sedang berada dalam dunia nyata baik secara fisik maupun psikologis.

Sistem kerja dari VR Game tidak lepas dari beberapa elemen penting didalamnya, seperti:

  1.  Virtual world, merupakan konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script.
  2.  Immersion, yang merupakan sebuah sensasi yang membuat kamu merasakan berada di lingkungan nyata yang padahal fiktif. Elemen ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Mental immersion, membuat mental kamu merasakan seperti berada dalam lingkungan nyata
  • Physical immersion, dapat membuat kamu merasakan suasana di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality secara fisik
  • Mentally immersed, memberikan sensasi untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan oleh virtual reality
  1. Sensory feedback, yang berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual world ke indera kamu. Elemen ini mencakup indera penglihatan, pendengaran, dan sentuhan.
  2. Interactivity, bertugas untuk merespon aksi dari kamu sebagai pengguna, sehingga dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau virtual world.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu virtual reality dan bagaimana penerapan teknologi ini dalam sebuah game? Gimana, tertarik untuk mencoba?

Sumber: 1 | 2 | 3 | 4

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Program yang Diminati*

Please leave this field empty.