5 Contoh User Experience yang Baik di Aplikasi | IDS

Search

+

5 Contoh User Experience yang Baik di Aplikasi

Ketika kamu menggunakan user experience (UX) dalam membuat produk aplikasi baik di browser maupun di handphone tentunya harapannya ialah banyak pengguna yang menggunakannya. Suatu produk yang baik tentunya tidak menyusahkan penggunanya ketika pada saat mengakses.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membuat produk aplikasi, terutama di browser. Pada artikel kali ini akan dibahas seperti apa sih aplikasi browser yang baik. Yuk, simak informasinya berikut!

Sederhana dan Konsisten

Ekspektasi seorang pengguna terhadap suatu produk aplikasi browser tentu tidak bisa begitu saja disamaratakan. Sebab, pengalaman dan kebiasaan tiap pengguna pasti berbeda. Oleh karena itu, kamu harus membuat produk aplikasi browser yang sederhana.

Kamu jangan terlalu banyak memasukkan fitur-fitur yang tidak dipahami oleh penggunannya. Sebab, semakin rumit fitur-fitur yang ada maka produk website itu akan semakin ditinggalkan. Bilapun ingin menambahkan fitur-fitur terbaru, upayakan untuk mengemasnya secara sederhana.

Selain itu, ketika melakukan pengembangan produkmu, usahakan jangan terlalu banyak mengubah fitur yang sudah ada. Sebab, perubahan itu akan membuat penggunamu kesulitan. Hal itu akan mengakibatkan produkmu akan ditinggalkan oleh pengguna.

Konsistensi mempertahankan fitur yang sudah familiar tentunya tidak akan membuat penggunanya kebingungan ketika ada perubahan, baik dalam tampilan maupun fungsi fiturnya. Bilapun ingin mengubah suatu fitur, usahakan jangan sampai mengubah pondasi dasarnya.

Desain Visual yang Seimbang

Tampilan visual merupakan elemen yang tak boleh terlupakan saat mendesain sebuah website. Sebab, tampilan visual itulah yang akan menarik pengguna untuk terus menggunakan produk buatanmu.

Akan tetapi, saat mendesain website-mu, usahakan jangan membuat visual yang berlebihan ataupun terlalu kurang. Buatlah desain visual yang proposional dan disesuaikan dengan fitur produkmu.

Kamu harus mengatur strategi yang tepat agar tampilan visual tidak mengganggu atau menjemukan. Perhatikan komposisi warna, huruf dan kata, tipografi, hingga animasi yang akan kamu pasang dalam website buatanmu. Buatlah desain visual yang berimbang namun menarik perhatian pengguna.

Sesuai dengan Kebutuhan Pengguna

Tiap pengguna memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing. Oleh sebab itu, bentuk aplikasi browser harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya.

Untuk mengetahui kebutuhan pengguna, kamu harus mengerti terlebih dahulu seperti apa pengguna produkmu dan bagaimana kebiasaan mereka. Kamu perlu melakukan research mendalam terhadap tingkah laku penggunamu agar mendapatkan data akurat.

Dengan data tersebut, maka kamu dapat dengan mudah membuat dan mengembangkan produkmu. Hal itu tentunya akan mendatangkan pengguna pada produk buatanmu.

Interaksi yang Efektif

Desain visual tentunya harus dibarengi dengan interaksi antara pengguna dengan produk aplikasi browser yang efektif. Perpaduan kedua hal itu tentunya akan membuat penggunamu mudah menggunakan produk buatanmu.

Jangan sampai, tampilan visual dan interaksi yang diharapkan pengguna berbeda. Sebab, itu akan membuat pengguna bingung dan tidak mampu memaksimalkan produkmu dengan baik. Untuk itu, kamu harus benar-benar memperhatikan korelasi desain visual dengan interaksi produkmu dan penggunanya agar menghasilkan interaksi yang efektif.

Berkarakter dan Unik

Kamu harus membuat produk aplikasi browser-mu berkarakter dan unik. Sebab, karakter dan keunikan itu yang nantinya akan membedakan produkmu dengan produk lainnya.

Kamu bisa menanamkan karakter dan keunikan itu pada berbagai elemen dalam produkmu. Mulai dari desain visual, fungsi produk, hingga interaksi yang ditawarkan. Tapi ingat ya, jangan terlalu menggebu-gebu saat memberikan karakter dan keunikan itu. Bisa-bisa kamu terlalu banyak memasukkan fitur-fitur ataupun desain visual yang tidak penting. Hal itu pastinya akan mengganggu dan menyusahkan penggunamu. Cukup beri karakter sederhana tapi unik dan menarik.

Dengan mengakomodir kelima hal itu maka kamu dapat membuat sebuah aplikasi browser yang baik dan mudah digunakan oleh penggunanya. Suatu produk yang baik dengan sendirinya akan menarik penggunanya.

Muhammad Khairil

Source: 1 2 3

 

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Program yang Diminati*

Kelas yang Diminati*

Please leave this field empty.