10 ISTILAH YANG PERLU KAMU KETAHUI DALAM E-COMMERCE - IDS | International Design School Jakarta

Info Belajar di IDS?Berikan data Anda dan kami akan menghubungi Anda kembali. Klik di sini :)

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Alamat*

Kota & Provinsi*

Pekerjaan*

Program yang Diminati*

Pertanyaan (jika ada)

2+2=? 

Articles

10 ISTILAH YANG PERLU KAMU KETAHUI DALAM E-COMMERCE

10 ISTILAH YANG PERLU KAMU KETAHUI DALAM E-COMMERCE

Melesatnya jumlah transaksi e-commerce khususnya di beberapa kota besar di Indonesia, tentunya tidak lepas dari menjamurnya banyak e-commerce dengan promosi–promosi yang sangat menggiurkan bagi siapapun yang ingin berbelanja online. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan ditambah dengan beragam produk yang dijual semakin menjadi nilai plus pastinya. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan berbagai jenis e-commerce yang ada, penting bagi kamu untuk mengetahui pengertian e-commerce dan beberapa istilah yang umum digunakan.

 

  1. E-cash/electronic cash

E-cash juga disebut Digital Cash atau Digital Money. Uang tunai yang biasa digunakan sebagai alat pembayaran kini dapat digunakan secara elektronik dengan cara mengirimkan nomor dari satu komputer ke komputer lain. Nomor tersebut kemudian diisukan oleh sebuah bank dan merepresentasikan sejumlah uang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran seperti biasa.

 

  1. E-checks/electronic checks

Alat pembayaran e-commerce ini memungkinkan customer untuk melakukan pembayaran kepada penjual dengan mengirimkan check elektronik via e-mail. Check berisi pesan yang memuat semua informasi yang diperoleh dari check yang sebenarnya tetapi bisa ditanda tangani secara digital atau surat kuasa. Tanda tangan elektronis tersebut ditulis dalam bentuk sandi dengan cara mengenkripsi melalui kunci rahasia customer, kemudian penjual mengesahkan dengan kunci private. Pesan yang dihasilkan akan disandikan dengan kunci rahasia pihak bank hingga disediakan kunci pembayarannya.

 

  1. E-wallet/electronic wallet

Melalui metode pembayaran e-wallet pembayaran dilakukan dengan cara menyimpan nomor kartu kredit anda ke hard disk dalam kondisi terenkripsi dengan aman. Pada e-commerce yang mendukung sistem pembayaran dengan e-wallet ini, ketika tombol “pay” ditekan maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan dilakukan secara aman oleh server perusahaan tersebut.

 

  1. Merchant account

Merchant account adalah hubungan relasi antara pelaku bisnis dengan bank, dimana ada syarat dan peraturan ketat yang berkenaan dengan pengeluaran merchant account-nya. Jika status dari merchant account tersebut sudah diperoleh, merchant akan menyewa atau membeli software yang dipergunakan untuk proses transaksi.

 

  1. Credit Card dan Smart Card

Dalam transaksi e-commerce, credit card atau kartu kredit digunakan sebagai sarana untuk berbelanja yang memungkinkan untuk pembayaran tidak langsung dilunasi saat pembelian dilakukan, sehingga produk yang dibeli dapat dicicil hingga beberapa kali.

 

  1. Cash on Delivery (CoD)

COD merupakan suatu metode pembayaran e-commerce dimana si pembeli menyerahkan uang atau membayar sejumlah uang kepada si penjual saat terjadi pengiriman barang sesuai kriteria yang telah disepakati.

 

  1. Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah tipe e-commerce dimana si distributor atau produsen dari suatu produk mengirimkan produknya langsung kepada si pembeli (sudah dalam keadaan dikemas), sehingga si dropshipper tidak perlu menjadi perantara tetapi ikut mengambil untung dari hasil penjualan tersebut.

 

  1. Payment Per Click (PPC)

PPC adalah sebuah bentuk periklanan online dimana setiap ada orang yang meng-klik pada suatu produk atau iklan pada website e-commerce tertentu, si penjual atau pemilik toko online tersebut akan membayarkan sejumlah uang yang jumlahnya telah disepakati sebelumnya. Contohnya adalah pada e-commerce jenis marketplace.

 

  1. Payment Getaway

Payment getaway adalah prosedur pembayaran yang dilakukan untuk setiap transaksi pada sebuah e-commerce. Metode ini bisa dilakukan secara onsite maupun offsite, tergantung mana yang paling cocok dengan model e-commerce tersebut.

 

  1. Wholesaler dan Retailer

Jika dalam perdagangan di dunia nyata dikenal istilah pedagang grosir dan eceran, maka dalam e-commerce pun dikenal pula wholesaler dan retailer. Wholesaler adalah suatu unit usaha yang membeli atau menjual kembali produknya kepada para pengusaha (yang bukan merupakan pengguna akhir). Sementara itu, retailer adalah orang yang membeli barang dalam jumlah besar kemudian dijual kembali kepada pembeli individu.

Source: 1 2 3

FI Source: http://tulisbaca.com

It's only fair to share...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0


Mau belajar Animasi, Desain, Filmmaking dan Fotografi?

Isi form ini dan kami akan membantu kamu.

Nama*

Email*

No. Telepon/HP*

Alamat*

Kota & Provinsi*

Pekerjaan*

Program yang Diminati*

Pertanyaan (jika ada)



Contact

IDS | International Design School
Jl. Jati Murni No. 1 B, Jati Padang
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540
Indonesia
P. +62 811 1777 009 (Call Admission/WA)
P. +62 21 7829 237 | +62 21 7805 689 (Hunting)
BB. 7EDB60E4
E. info@idsEducation.com
Klik untuk Menghubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*